Powered By Blogger

Selasa, 19 April 2011

Urutan Menambang

Begitu juga segala rupa barang berbahan baku hasil tambang, urut-urutan proses panjang pasti sudah mendahului.

Urutan Menambang 150x150 Urutan MenambangCincin kawin adalah barang jadi. Sebelum melingkar di jari manis, proses panjang sudah terlalui sebelumnya.
Proses yang menjadi lingkup pertambangan umumnya dibedakan menjadi 3 tahap: eksplorasi, penambangan, dan metalurgi.

Eksplorasi
Ekspolasi adalah kegiatan yang mencakup pencarian hingga estimasi cadangan tambang. Deposit mineral berharga mesti ditemukan.
Berbagai metode sudah dikembangkan, mulai dari metode yang mengharuskan seorang eksplorer keluar masuk hutan untuk menemukan singkapan cadangan, hingga pemetaan gelombang yang dapat dilakukan tanpa mengharuskan pengeboran atau penggalian lapisan bumi.
Tidak semua temuan kemudian layak ditambang. Salah satu yang menentukan layak tidaknya adalah besar dari cadangan itu sendiri.
Cadangan harus memiliki kuantitas dan kualitas (kadar) tertentu untuk menjadikannya ekonomis untuk diusahakan. Proses evaluasi cadangan, masih menjadi kelanjutan dari tahap eksplorasi ini.
Penambangan
Setelah konfirmasi layak tambang diperoleh, yang mesti dilakukan berikutnya adalah bagaimana supaya cadangan tersebut dapat diambil. Secara garis besar, metode penambangan dapat dibedakan menjadi 2:tambang terbuka dan tambang bawah tanah.
Cara mana yang akan dipilih, akan kembali kepada perhitungan ekonomis dan teknis. Isu-isu lain mungkin saja akan turut jadi pertimbangan seperti lingkungan, adanya pemukiman penduduk, hutan lindung, dan lainnya.
Jika cadangan mineral berharga ini terletak jauh di pedalaman, banyak pekerjaan pendahuluan yang mesti dituntaskan.
Pembuatan akses jalan, pekerjaan konstruksi sarana prasarana, mobilisasi pekerja, adalah beberapa langkah awal yang harus juga diperhatikan sebelum kegiatan penambangan dapat dimulai.
Metalurgi
Jangan bayangkan emas batangan yang akan langsung didapat dari sebuah tambang emas. Yang mereka tambang tak lain hanya bongkahan batu yang jika tak diolah lebih lanjut akan sama seperti batu-batu lain yang tak berharga.
Batu-batu ini memerlukan proses tambahan untuk memisahkan emas dari unsur lain yang tak diperlukan.
Proses pemisahan ini termasuk dalam tahap metalurgi. Ada banyak macam proses metalurgi, tergantung dari mineral apa yang akan dipisahkan.
Umumnya, satu perusahaan tambang juga akan memiliki fasilitas metalurgi yang letaknya berdekatan dengan area tambang.[]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar